Apakah Blockchain Merupakan Revolusi Dari Teknologi atau Tidak

Apakah Blockchain Merupakan Revolusi Dari Teknologi atau Tidak

Blockchain lebih seperti buku besar digital untuk menyimpan transaksi keuangan seperti buku yang berisi apa yang masuk dan apa yang keluar. Tidak seperti buku besar tradisional, yang digital jauh lebih luas dan aman tanpa perantara yang terlibat.

Di Blockchain, setiap blok berisi, tetapi tidak terbatas pada, hash kriptografi dari blok sebelumnya bersama dengan data transaksi. Ini dapat digunakan oleh dua pihak untuk mencatat transaksi secara aman dan permanen. Ini dikelola oleh jaringan peer-to-peer dan memungkinkan transit informasi digital yang aman.

Mengapa Blockchain revolusi terbaru dalam teknologi?

Teknologi Blockchain awalnya dirancang untuk berurusan dengan Bitcoin tetapi sekarang telah menjadi pembicaraan di kota, sebuah revolusi. Selama tahap awal, teknologi menghadapi kritik dan penolakan, tetapi setelah direvisi dengan cermat, teknologi itu menjadi lebih produktif, lebih bermanfaat, dan lebih aman. Sekarang telah menjadi cara praktis untuk menyimpan data dalam bentuk digital yang direkonsiliasi dari waktu ke waktu.

apakah blockchain merupakan revolusi teknologi

Mari kita lihat beberapa manfaatnya:

Keaslian – Informasi disimpan dalam blok yang selanjutnya disimpan di Blockchain yang tidak dapat dikontrol oleh satu orang atau identitas. Ini hanya berarti bahwa tidak ada atau sangat sedikit kemungkinan kegagalan dan teknologi dapat berfungsi sebagai ruang yang dapat diandalkan untuk transaksi bisnis.

Transparansi – Orang yang paham teknologi mengklaim bahwa teknologi Blockchain benar-benar transparan. Karena blok dicatat dan ditambahkan dalam urutan kronologis, para peserta dapat melacak transaksi dengan banyak kemudahan dan tanpa pencatatan.

Kualitas – Dalam hal terjadi penyimpangan, sistem Blockchain memudahkan pihak terkait untuk menyelidiki masalah apa pun karena sistem dapat mengarahkan mereka ke titik asal. Jaminan kualitas menjadikannya teknologi yang ideal untuk sektor-sektor di mana pelacakan asal dan rincian penting lainnya diperlukan.

READ  Inilah 5 Keuntungan Kecerdasan Buatan Yang Bisa Kalian Pelajari

No Tampering – Karena transaksi dan catatan diverifikasi setiap kali mereka diteruskan dari satu blok ke blok berikutnya, ada sedikit atau tidak ada kemungkinan kesalahan. Keakuratan proses melindungi data dari gangguan, membuat teknologi lebih ramah pengguna dan efisien.

Agile – Di era ketika waktu adalah uang, Blockchain dapat memainkan peran penting dengan memungkinkan transaksi yang lebih cepat. Karena sistem ini tidak memerlukan proses verifikasi dan pembersihan yang panjang, sistem ini dapat digunakan oleh berbagai industri untuk menutup transaksi dengan cepat.

Penghematan Biaya – Terakhir tetapi tentu saja tidak sedikit, Blockchain adalah teknologi hemat biaya karena tidak melibatkan pihak ketiga. Itu membuat sistem yang ideal untuk startup dan organisasi yang sudah mapan.